Santiago Calatrava |
Santiago Calatrava adalah seorang Arsitek yang lahir pada 28 Juli 1951, di kota Benimamet, dekat Valencia, Spanyol yang karyanya telah menjadi populer di seluruh dunia. Selain dikenal sebagai seorang arsitek, Calatrava juga dikenal sebagai pematung, dan pelukis produktif, yang mengklaim bahwa praktek arsitektur menggabungkan semua seni menjadi satu.
Calatrava with his Design |
Latar belakang santiago calatrava sangat eklektik. Arti eklektik menurut kamus bahasa Indonesia adalah bersifat memilih yang terbaik dari berbagai sumber (orang, gaya, metode). Calatrava adalah sebuah nama yang aristokratis (bangsawan), diambil dari golongan ksatria pada abad pertengahan. Kota Benimamet sendiri adalah sebuah kota dengan populasi orang Yahudi beragama katolik yang terbesar. Kebanyakan keluarganya bekerja pada bidang bisnis ekspor hasil pertanian (Agrobisnis), yang memberikan mereka sebuah pandangan internasional luar biasa pada masa kediktatoran Franco.
Santiago Calatrava merupakan Arsitek yang berhasil menggabungkan unsur estetika sekaligus dengan detail konstruksinya. Santiago Calatrava menggunakan pendekatan secara skalatis / dengan percobaan untuk bisa mengeksplor desainnya agar bisa diwujudkan dalam bentuk bangunan yang riil. Karyanya ini sangat fenomenal dan membuktikan bahwa dengan perhitungan yang matang, setiap konsep desain pasti bisa diterapkan.
Sejarah Pendidikan Santiago Calatrava
Calatrava menyelesaikan sekolah tingkat pertama dan keduanya di Valencia. Sejak umur delapan tahun, beliau bersekolah di School of Arts and Crafts di Valencia, dimana beliau memulai pelajaran formalnya dengan menggambar dan melukis. Pada saat berumur tiga belas tahun, keluarganya mengirim beliau ke Paris sebagai bagian dari pertukaran pelajar, kemudian melanjutkan sekolah di Swiss, dan setelah itu menamatkan sekolahnya di Valencia. Sebenarnya beliau ingin melanjutkan sekolahnya di Ecole des Beaux-Arts, akan tetapi pada bulan Juni 1968, beliau mengerti bahwa rencananya tersebut tidak dapat dilaksanakan, lalu beliau kembali ke Valencia dan mendaftar di Escuela Tecnica Superior de Arquitectura, sebuah institusi baru tempat dimana beliau mendapatkan ijazah arsitekturnya. Pada saat berkuliah, beliau juga mengerjakan proyek mandiri dengan sekelompok mahasiswa, menerbitkan dua buku arsitektur Valencia dengan menggunakan bahasa daerah dan Ibiza.
Karena ketertarikan yang kuat pada bidang matematika. Beliau berpikir bahwa apa yang diterimanya di Valencia mengenai dunia teori dan sejarah arsitektur itu kaku sehingga memberikan arah yang tidak jelas, maka pada tahun 1975, beliau mengikuti program pasca-sarjana jurusan Teknik Sipil di ETH (Swiss Federal Institute of Technology), di Zurich. Dengan kata lain, beliau menamatkan program Sarjana dan Magisternya di bidang Arsitektur, dan menyelesaikan program Doktornya di bidang Civil Engineering dan menerima gelar Ph.D nya pada tahun 1979. Masa dimana beliau berjumpa dan menikah dengan istrinya, yang sebelumnya adalah seorang siswa hukum di Zurich.
Setelah melengkapi studinya, kemudian Calatrava mengambil posisi sebagai asisten dosen dan mulai menerima komisi sebagai pengawas rancang-bangun kecil, seperti merancang atap untuk perpustakaan atau balkon rumah tinggal. Calatrava juga mulai mengikuti kompetisi, beliau percaya bahwa ini adalah cara untuk untuk menjamin posisinya sebagai komisi pengawas. Beliau memenangkan kompetisi proposal pertamanya, di tahun 1983 untuk desain dan konstruksi ”Stasiun Kereta Api Stadelhofen” di Zurich. Calatrava pun mulai membuka kantor Insiyur dan Arsitekturnya di Zurich. Banyak pekerjaannya yang terealisasi di Swiss dan Spanyol, dimana dia memamerkan desainnya dan mendapatkan beberapa penghargaan disana.
Latar Belakang Pemikiran Santiago Calatrava
Santiago Calatrava banyak menerapkan suatu karya arsitektur yang bersifat biorhytmics yaitu segala aspek yang terkait dengan desain mengambil filosofi dari pola atau irama hidup makhluk hidup itu sendiri atau makhluk hidup dengan lingkungannya. Menurut arti biorhythmic terdiri dari dua kata yaitu bio yg artinya hidup dan rhythmic yang artinya irama atau pola yang bergerak secara terus menerus. Sehingga bisa dikatakan biorhytmic artinya adalah suatu pola, irama, atau kebiasaan (baik manusia atau makhluk hidup lain) yang sifatnya terus menerus.
Contohnya adalah bangunan museum karya Santiago Calatrava yang bernama Milwaukee Art Museum. Di bangunan ini Calatrava menerapkan sistem shading yang berupa atau diibaratkan sayap burung yang berkepak-kepak saat terbang. Shading ini mampu membuka dan menutup sehingga memungkinkan sekali pemasukan cahaya dan bayangan yang baik. museum pun Orang yang berada di dalam mampu merasakan perubahan-perubahan cahaya yang masuk ke bangunan.
Ciri Khas Desain Santiago Calatrava
Santiago Calatrava dikenal dengan gaya tektonika struktur di setiap karyanya, Karyanya yang tersebar di berbagai kota-kota besar di dunia sangat identik dengan permainan tektonika struktur dan eksploitasi struktur yang sangat dominan dan itu merupakan ciri tersendiri oleh seorang Calatrava. Bahkan kekaguman akan arsitektur karya caltrava di peroleh dari komponen-komponen struktur yang membentuk bangunan secara keseluruhan dengan kata lain bahwa form utama yang paling fundamental dari arsitektur-arsitektur karya calatrava adalah keberanian dalam memainkan peranan struktur sehingga peranan struktur tidak sekedar sebagai pemikul beban bangunan tetapi juga sebagai pembentuk form bangunan, berbeda dengan kebanyakan arsitek dalam berkarya dengan benyak menyembunyikan struktur dan lebih memilih peranan elemen arsitektur lainnya sebagai daya tarik dalam karyanya.
Calatrava lebih memilih bereksperimen dengan eksploitasi struktur-strukturnya sehingga dia pun digelari sebagai arsitek yang bergaya tektonika (tektonika struktur). Sebagai seorang Arsitek dan Insinyur, Calatrava dikenal sebagai seorang yang disiplin. Dia selalu membuat sebuah inovasi yang dibutuhkan pada suatu perusahaan yang kedua-duanya dipengaruhi aspek desain dan struktural yang kreatif. Dalam karyanya calatrava banyak mentransformasi benda-benda nyata (Tangible kedalam desainnya seperti, tubuh manusia, mata ,binatang dsb ) yang tentu saja hal ini sangat memeras otak dalam penyelesaiaannya permasalahan struktur, namun dengan bekal pendidikannya dalam bidang sipil, Calatrava mampu keluar dari bayang-bayang tekanan struktur dan justru keadaan ini berbalik ketika karya-karya spektakuler calatrava diterima, dikagumi dan dikenali melalui teknik strukturnya yang menghadirkan bangunan-bangunan yang luar biasa unik, estetis dan terkesan impossible yang seolah-olah menentang hukum gravitasi. Kemampuannya sebagai Teknisi/Insinyurlah yang membantunya untuk membuat permukaan sculptrural dan ruang yang tidak biasa. Karya–karyanya biasanya mengambil material seperti beton, gelas/kaca dan baja di luar batas yang normal.
Perjalanan Karir Santiago Calatrava
Calatrava menghindari untuk bersikap masa bodoh dalam pelukisan sebuah format desain. Pada 1979 ia memenangkan penghargaann “Auguste Perret” untuk meningkatkan kembali mutu pekerjaan struktural Perret's dan untuk membuktikan pentingnya struktur utama di dalam melukiskan format. Di Eropa Ia terkenal dengan desain yang mengutamakan keunikan estetikanya, Calatrava mengawali Ketenarannya di Amerika Serikat. Dimulai dengan Museum Seni Milwaukee, kemudian dilanjutkan dengan merancang sejumlah gedung pemerintahan dan jembatan di Amerika Serikat di akhir tahun. kehadirannya berpengaruh di dalam Masyarakat secara ilmu arsitektural tentang bangunan Eropa, Calatrava jarang merancang suatu bangunan yang tertutup, kebanyakan dari ciptaannya berstruktur terbuka.
Karya-karyanya banyak dipengaruhi oleh karakter-karakter mengagumkan seperti Antonio Gaudi dan Robert Maillart. Sebuah ‘Kerangka Anjing’ terdapat pada kantornya di Ilgenstrasse di Zurich yang kemudian menjadi sebuah landasan ketertarikannya pada bentuk-bentuk organik. Pada tahun 1984 Calatrava memenangkan kompetisi untuk mendesain dan membangun Jembatan Bach de Roda, yang dibuat untuk pertandingan Olimpiade di Barcelona. Rancangan jembatan itu merupakan permulaan terbentuknya kemapanan reputasi internasionalnya. Jembatan yang terkenal lain yang diikutsertakan adalah Jembatan Alamillo yang digunakan untuk World's Fair di Sevilla (1987-92), Jembatan di Merida Lusitania (1988-91), Jembatan Ondarroa di Ondarroa, Spanyol (1989-95), Jembatan Campo Volantin di Bilbao (1990-97), dan Jembatan Alameda dan stasiun bawah tanah di Valencia (1991-95) Untuk menjaga kestabilan pertumbuhan proyeknya, maka beliau mendirikan kantor keduanya di Paris, tahun 1989.
Calatrava juga seorang pelukis dan pemahat berbakat, yang mengakui bahwa ilmu praktek arsitektur mengkombinasikan semua jenis seni. Pada Tahun 2003, Museum Seni yang terletak dikota besar metropolitan New York mengadakan suatu pameran dari pekerjaan artistiknya yang berjudul " Santiago Calatrava : Memahat di dalam Arsitektur." Pameran tentang pekerjaannya juga telah berlangsung di Negara Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan di tempat lain.
Selama fase kariernya, Calatrava juga meningkatkan reputasinya dengan merancang proyek-proyek umum lainnya dalam skala besar. Temasuk diantaranya SM Mall di Toronto (1987-92), Stasiun Kereta untuk Bandara ALyon-Satolas (1989-94), Bandara Sandica di Bilbao (1990-2000), Tenerife Opera House di Kepulauan Canary (1991-2001), Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan di Valencia, di mana ia mendirikan kantor ketiga (1991 - sedang berlangsung), dan Stasiun Kereta Api Oriente di Lisbon (1993-98, ditugaskan untuk Expo '98). Ia juga memenangkan kompetisi desain untuk melengkapi Katedral St. John the Divine di New York City (1991), sebuah proyek yang belum terealisasi.
Pameran karya Calatrava terpasang pertama kali pada tahun 1985, dengan menampilkan sembilan patung di Galeri Weber Jamileh di Zurich. Sebuah panggung baru yang ditandai dengan dua pameran tunggal : sebuah retrospektif di Royal Institute of British Architects, London, pada tahun 1992, dan pameran Struktur dan Ekspresi di The Museum of Modern Art, New York, pada tahun 1993, yang terakhir termasuk pameran instalasi di museum's Sculpture Garden of Shadow Machine, sebuah patung skala besar dengan beton bergelombang. Pameran yang paling lengkap dari karyanya dan belum di-mount adalah Santiago Calatrava: Artis, Arsitek, Engineer, disajikan di Palazzo Strozzi di Florence, Italia, dari Oktober 2000 sampai Januari 2001. Sebuah pameran serupa tetapi lebih kecil, puisi Gerakan: The Architecture of Santiago Calatrava, dipasang di Dallas di Museum Meadows baru pada tahun 2001.
Proyek-proyek utama Calatrava yang baru diresmikan atau baru dalam penyelesaian diantaranya adalah Science Museum di City of Arts and Sciences di Valencia (November 2000), Bandara Sandica di Bilbao (November 2000), Jembatan Orléan di Orléans, Perancis (November 2000), dan bangunan pertamanya di Amerika Serikat, Milwaukee Art Museum, yang dibuka untuk mendapat pengakuan besar di musim gugur tahun 2001.Tenerife Opera House dijadwalkan dibuka pada tahun 2002. Tahap pertama dari Opera House of the City of Arts and Sciences di Valencia dijadwalkan untuk diresmikan pada musim gugur tahun 2003. Santiago Calatrava telah menerima 11 Doktor kehormatan sepanjang kariernya.
Bangunan Karya Santiago Calatrava
· 1896, Oberbaumbrücke, Berlin, Germany direnovasi oleh Calatrava dan diresmikan pada 9 November 1994
· 1983-1984, Gudang Baja Jakem, Munchwilen, Swiss
· 1983-1985, Gudang Ernsting, Coesfeld, Jerman
· 1983-1988, Sekolah Tinggi Wohlen, Wohlen, Swiss
· 1983-1990, Stasiun Kereta Api Stadelhofen, Zürich, Swiss
· 1983-1989, Aula Stasiun Lucerne, Lucerne, Swiss
· 1984-1987, Jembatan Bac de Roda, Barcelona, Spanyol
· 1984-1988, Komunitas Pusat Barenmatte, Suhr, Swiss
· 1986-1987, Gedung Teater Tabourettli, Basel, Swiss
· 1987-1992, BCE Place (Atrium), Toronto, Kanada,
· 1989-1994, Stasiun TGV, Lyon, Prancis
· 1991-1995 Jembatan Alameda dan Stasiun Metro, Valencia, Spanyol
· 1992, Puente del Alamillo, Sevilla, Spanyol
· 1992, Puente de Lusitania, Mérida, Spanyol
· 1992, Tower Komunikasi Montjuic di Olympic Ring, Barcelona, Spanyol
· 1992, World's Fair, Kuwaiti Pavilion, Sevilla, Spanyol
· 1994-1997, Jembatan pejalan kaki Campo Volantin, Bilbao, Spanyol
· 1995, Jembatan Trinity, Jembatan pejalan kaki Sungai Irwell, Salford, England
· 1996-2009, Ciutat de les Arts i les Ciències, Valencia, Spanyol
· 1996, Centro Internacional de Ferias y Congresos de Tenerife, Santa Cruz de Tenerife (Santa Cruz de Tenerife (province), Tenerife, Pulau Canary, Spanyol
· 1998, Estação do Oriente or (Gare do Oriente), Lisbon, Portugal
· 2000, Bandara Sandica sebagai Terminal Baru di Bilbao, Spanyol
· 2001, Museum Seni Milwaukee, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat
· 2001, Puente de la Mujer, di Puerto Madero barrio dari Buenos Aires, Argentina
· 2003, Jembatan James Joyce, Jembatan di atas Sungai Liffey, Dublin, Irlandia
· 2003, Auditorio de Tenerife, Arsitek pertama yang menggunakan fasilitas Seni, Santa Cruz de Tenerife, Spanyol
· 2004, mendesain kembali Athens Olympic Sports Complex, Athena, Yunani
· 2004, Jembatan Sundial di Turtle Bay, Redding, California, Amerika Serikat
· 2004, Tiga Jembatan (diberi nama Harp, Cittern and Lute) memutar saluran utama Haarlemmermeer, Belanda
· 2004, Universitas di Zurich, "Bibliothekseinbau" mengubah model Perpustakaan, Zürich, Swiss
· 2005, Jembatan penghubung dari Pusat pembelanjaan Ovnat dan Pusat Kesehatan Rabin (Beilinson) di Petah Tikva, Israel
· 2005, Turning Torso, Malmö, Sweden
· 2007, Tiga Jembatan di atas A1 Motorway dan Rel Kereta TAV, Reggio Emilia, Italy
· 2008, Jembatan Chords di pintu masuk ke Jerusalem, Israel, Sebuah Rel Cahaya
· 2008, Ponte della Costituzione Jembatan pejalan kaki dari Piazzale Roma untuk ke Grand Canal, Venice, Italy
· 2009, Stasiun Kereta Api Liège-Guillemins TGV, Liège, Belgia.
Pameran hasil karya Calatrava yang pertama menjelang tahun 1985, dan di antara tanda jasa dan penghargaan yang diberikan kepada Santiago Calatrava adalah sebagai berikut :
1. Pada tahun 1990 menerima "Médaille d'Argent de la Recherche et de la Technique", Paris
2. Pada tahun 1992 menerima Medali Emas bergengsi dari Institution of Structural Engineers.
3. Pada tahun 1993, Museum of Modern Art di New York mengadakan pameran besar dari karyanya yang disebut "Struktur dan Ekspresi."
4. Pada tahun 1998, ia terpilih menjadi anggota "Les Arts et Lettres", di Paris.
5. Pada tahun 2004, ia menerima Medali Emas dari American Institute of Architects (AIA).
6. Pada tahun 2005, Calatrava dianugerahi Eugene McDermott Award oleh Dewan untuk Seni dari MIT.
7. Pada Agustus Tahun 1979, ia dianugrahi Perret Award.
8. Tahun 1992 London Institution of Structural Engineers Medali Emas.
9. Kotamadya Toronto 1993 Urban Design Award.
10. Tahun 1996 Gold Medal for Excellence di Fine Arts dari Granada Kementerian Kebudayaan.
11. Tahun 1999 Prince of Asturias Award in Arts.
12. Tahun 2000 Algur H. Meadows Award untuk Keunggulan dalam Arts dari Meadows School of the Arts, Southern Methodist University.
13. Tahun 2005 American Institute of Architects Gold Medal.
14. Tahun 2006 Eugene McDermott Award dalam Arts dari Dewan Seni di MIT, (Massachusetts Institute of Technology).
15. Tahun 2006 Kehormatan Engineering Degree dari Rensselaer Polytechnic Institute.
16. Penunjukan sebagai Global Leader for Tomorrow oleh World Economic Forum di Davos.
17. Tahun 2007 Diberikan dengan Penghargaan Arsitektur Nasional Spanyol.
Dalam Proses Pembangunan
· Chicago Spire, dengan ketinggian 2,000 kaki (610 m) yang aka menjadi gedung tertinggi di Amerika Utara jika selesai pada 2012.
· Jembatan Samuel Beckett, Dublin, Irlandia.
· Jalur Transportasi Pusat Perdagangan Dunia, Kota New York, Amerika Serikat.
· Pusat Simphoni Atlanta, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.
· Palacio de Exposiciones y Congresos, Oviedo, Spanyol.
· Jembatan Lembah Margaret Hunt, Dallas, Texas, Amerika Serikat.
· Jembatan Masuk Kota, yang sekarang dikenal dengan 'Jembatan Chords' Jerusalem, Israel
· 80 South Street, Tinggi 835 kaki dari 10 condominium unit di Sungai Timur Kota New York, dimulai dari $27 Juta/buah.
· Medio Padana TAV Stasiun, Reggio Emilia, Italy.
· Kampus Universitas Maastricht, Maastricht, Belanda.
· Opera Palma de Mallorca's, Spanyol.
· Caja Madrid Obelisk, Madrid, Spanyol.
· Jembatan Peace, Calgary, Kanada
· Stasiun Kereta Api Baru Mons, Belgia
· Stasiun Kerta dan dua Jembatan di Bandara Denver International
Calatrava juga dipilih untuk mendesain banyak proyek, dimana akhirnya diberikan kepada desainer lainnya. Termasuk Reichstag di Berlin dan melintang di Sungai Timur London.
Belum Terbangun
- Menara Komunikasi 1991 Collserola, Barcelona, yang direncanakan seperti Menara yang Dipertajam seperti Kapal Angkasa, tapi Norman Foster yang akhirnya mendesain Menara.
- Bangunan Kampus untuk Ryerson University di Toronto, Kanada. Desainnya akhirnya gagal karena harganya lumayan mahal.
- Katedral baru di Oakland, California, Amerika Serikat. Desain dasarnya gagal di tangan Arsitek Lokal Craig Hartman (Skidmore, Owings & Merrill, San Francisco).
- Jembatan baru melintangi Sungai Cávado, Barcelos, Portugal. Desain itu gagal karena kurangnya dana dalam pembagunan.
- Jembatan pengganti (Wettstein Bridge) Melitangi Sungai Rhine, Basel, Swiss. Desain ini gagal karena mahal dan kurang inovatif.
- Pengantar Arsitektur -
6 komentar:
contoh karyanya manaa nii :3 ?
Nanti saya coba poskan contoh karyanya, suksma :D
ill wait bradhaaa :D
sudah diterbitkan -___-
gabisa di copy -_- ilmu kok pelit pelit
Karena, saya membagi ilmu dengan dibaca dan ditulis kembali dengan bahasamu sendiri
Itu jauh lebih bermanfaat kok daripada copy paste :)
Maaf ya
Posting Komentar