Rabu, 16 Mei 2012

Tari Cendrawasih

~ Culture'n Tradition ~

Burung Cendrawasih
N.L.N Swasthi Wijaya Bandem
Tari Cendrawasih adalah sebuah tarian yang menggambarkan kehidupan burung Cendrawasih di pegunungan Irian Jaya yang terletak di Indonesia bagian timur.
Gerakan tarian ini mengisahkan sepasang burung Cendrawasih yang sedang memadu kasih yang menampilkan gerakan yang lincah dipadukan dengan gairah asmara sepasang burung yang indah. Tari Cendrawasih sendiri merupakan jenis tari favorit ditampilkan dalam event-event budaya di Indonesia.

Tari Cendrawasih\
Tari Cendrawasih merupakan tari duet yang ditarikan oleh penari putri, kendatipun dasar pijakannya adalah gerak tari tradisi Bali, beberapa pose dan gerakannya dari tarian ini telah dikembangkan sesuai dengan interpretasi penata dalam menemukan bentuk - bentuk baru sesuai dengan tema tarian ini. Busana ditata sedemikian rupa agar dapat memperkuat dan memperjelas desain gerak yang diciptakan.

Lukisan Cendrawasih
Tarian ini di ciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem yang merupakan seorang seniman Tari Bali kelahiran Denpasar yang telah menciptakan dan mengajarkan berbagai macam tarian sebagai budaya Indonesia. Selain itu ia juga yang berperan sebagai penata busana tarian ini dalam rangka mengikuti Festival Yayasan Walter Spies. penata tabuh pengiring adalah I Wayan Beratha dan I Nyoman Widha pada tahun 1988

Selain di Irian Jaya, keelokan Burung Cendrawasih juga dapat ditemui di Pulau Lombok bagian timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;