Senin, 05 Maret 2012

Auditorio de Terenife

~ Architecture ~

Opera House di Terenife
Desain Arsitek : Santiago Calatrava

Akustik Konsultan : Alfonso Garcia Schermes, BBM Muller 

Jenis Bangunan : sebuah pusat seni pertunjukan serbaguna di Kepulauan Canary. 

Opera House di Tenerife 

Auditorium ini terletak di tepi pantai di Los Llanos adalah Santa Cruz, ibukota Tenerife. Terletak antara Marine Park dan tepi pelabuhan, auditorium menghubungkan kota ke laut dan menciptakan kota yang signifikan tengara. Gedung opera indah ini (Auditorio De Tenerife) dirancang oleh salah satu arsitek dunia yang paling berpengaruh, Santiago Calatrava. Bangunan ini terletak di Terenife, Spanyol. Auditorium ini menghubungkan kota dengan laut. Pada awalnya bangunan ini dimaksudkan sebagai ruang konser sederhana, namun bangunan multifungsi untuk kota Santa Cruz, Tenerife, di Kepulauan Canary, juga menjanjikan untuk menjadi yang lain. Yang khas dari bangunan ini adalah bentuknya yang menjorok "gelombang" melengkung di atas beton putih Auditorio de Tenerife adalah penciptaan terbaru terkenal arsitek Spanyol Santiago Calatrava. 

Bangunan ini akan melayani Santa Cruz, populasi 250.000, sebagai rumah opera dan sebuah tempat untuk Santa Cruz Symphony Orchestra, untuk kelompok musik kamar, dan untuk pertunjukan tarian, teater, dan Zarzuela (Spanyol operet). Konferensi internasional juga akan diselenggarakan di sana. Ini adalah gedung pertama Calatravan untuk seni pertunjukan. 

Auditorio de Tenerife duduk di 5.7-acre (2,3 hektar) situs sebelah laut. Dari jumlah ini, 73.000 kaki persegi (6.741 meter persegi) yang ditempati oleh auditorium. 

Tenerife Opera House dibuka pada tahun 2003 dan telah menjadi salah satu bangunan paling simbolik di Tenerife. Dibangun oleh arsitek Santiago Calatrava dan terletak di pantai Santa Cruz. Bangunan ini terkenal atas struktur unik yang mendominasi langit di Santa Cruz sebagaimana dikatakan menyerupai sayap burung atau puncak gelombang. 

Konsep Desain 

Santiago Calatrava ter inspirasi dari gelombang karang untuk desain bangunan tunggal ini. Pekerjaan yang tidak meragukan simbol kota Santa Cruz dari Tenerife, Canary Island, Spanyol. 

Karya agung composes dari serangkaian melengkung volume, di sana berdiri di atas tubuh pusat bentuk kubah beton. Kubah besar ini ditempatkan tidak kurang daripada 50 meter dari ketinggian di alun-alun rendah (kursi) yang mengelilinginya. 

Gambaran Auditorium
Calatrava menunjukkan kita akses ke ruang kepala sekolah melalui dua lengkungan besar ditempatkan pada platform yang terhuyung-huyung. Bangunan yang menarik, yang sama sekali ditebus dalam teknologi dari trencadís asli Gaudí, patah teknologi untuk melapisi permukaan, telah berubah menjadi sebuah ikon arsitektur asli untuk kota. 


Ketika salah satu foto karya arsitektur jenis ini, menjadi sangat diperlukan untuk menangkap orang atau kendaraan yang kita bisa membandingkan pekerjaan yang bersangkutan untuk keluar di foto. Dengan demikian, kita akan tahu dalam dimensi apa yang kita bergerak. Secara resmi dibuka pada bulan September 2003 setelah 6 tahun konstruksi. Ini merupakan bangunan multifungsi untuk Tenerife Symphony Orchestra, untuk kelompok musik kamar, dan untuk pertunjukan tari, teater, dan Spanyol operet. Konferensi internasional juga diadakan di sini. 

Miniature Auditorium
Tenerife Opera House yang duduk di 5.7-acre situs oleh lautan. Auditorium mencakup 73.000 kaki persegi (6.741 meter persegi). Sisanya dari situs ini diambil oleh simfoni gedung administrasi dan plaza publik yang ditutupi dengan lokal batu abu-abu gelap, dengan parkir bawah tanah. 

Tenerife Opera House yang masih hidup dengan gerakan-gerakan visual yang memiliki banyak pulau asosiasi. Bentuk pop yang berani melawan biru cerah dari Samudra Atlantik dan langit tak berujung, dan irama atau gerakan visual membuatnya terlihat seperti salah satu dari sekian banyak gelombang laut menabrak garis pantai. Ini juga tampak seperti burung laut atau kerang dari berbagai sudut. Dari sudut tertentu, itu mirip dengan anggrek juga. 

Seluruh struktur kulit 194,000 kaki persegi (18.000 meter persegi) ditutupi oleh sebuah mosaik dari "trencadis," atau pecah keramik putih yang membuat bangunan berkilau di bawah sinar bulan. 

Sebuah total 2000 ton (1,8 juta kilogram) dari beton putih yang dibuat secara lokal dari pasir sungai digunakan untuk bangunan yang menakjubkan kristal putih murni langit-langit dengan lembaran segitiga dari kaca. 

Tahap yang simfoni di lorong yang lebih besar (dengan 1.668 kursi) memiliki 22 kaki persegi (2-meter persegi) modul yang secara individual dapat digerakkan oleh sistem hidrolik. Bahan permukaan kayu solid ditekan ditutup dengan fiberglass. Majelis ini telah membuka atau menutup panel-panel kaca, memperlihatkan baik bahan fiberglass atau kayu, tergantung pada persyaratan akustik acara. 

Bagian belakang dinding ruang musik kamar (dengan 410 kursi) ditutupi dengan bilah kayu horisontal, dengan fiberglass di belakang mereka. 

Lobi terbuka memisahkan dua ruang untuk membuat pemisahan akustik sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara bersamaan di keduanya. 

Muncul udara sejuk dari AC outlet di bawah kursi di kedua ruang simfoni dan musik kamar aula untuk menghilangkan perlunya HVAC (pemanas, ventilasi, AC) instalasi yang akan mengganggu garis-garis interior bersih. Setelah digambarkan sebagai Mozart arsitektur, desain bangunan Santiago Calatrava sebagai karya seni dengan dramatis, unik, dinamis, anggun bentuk dan keindahan.

Interior

Interior Auditorium

Kompleks auditorium yang berisi 1.800 kursi dan sebuah aula musik kamar dengan tempat duduk untuk 400. Musik ruangan aula, fasilitas teknis, layanan umum dan ruang ganti yang terletak di dalam melangkah tumpuan kolom, yang terbungkus basal, batu vulkanik lokal. 

Lebar lengkungan, menjangkau 50 meter di setiap sisi, melayani sebagai seniman 'pintu masuk. Utama akses publik ke auditorium ditempatkan pada plaza mengangkat ke timur laut, di bawah melengkung dan terpahat shell beton atap. Meskipun layanan administrasi dan daerah-daerah dan pusat aula ber-AC, foyers publik dan daerah sirkulasi keuntungan dari pulau iklim yang menyenangkan, seperti yang secara alami ventilasi aliran udara melalui daerah berkaca-kaca di bawah dan di antara bangunan beton kerang. 

Nilai akustik panel kayu interior mengambil bentuk kristalin, yang juga memberikan kontribusi untuk ruang drama. Menempatkan reflektor suara ditentukan oleh tes laser, yang juga membantu menentukan dimensi interior berkubah. Alih-alih memiliki tirai panggung, auditorium dilengkapi dengan layar konsertina bilah aluminium vertikal, yang ketika dibuka mengangkat ke auditorium untuk bertindak sebagai reflektor suara orkestra di atas lubang. 

Hall Interior

Hall Interior Auditorium

Aula yang lebih kecil, ideal untuk musik kamar, memiliki tempat duduk untuk penonton dari 410; yang lebih besar kursi aula simfoni 1668. Desain asli untuk panggung simfoni diperluas untuk termasuk 22 kaki persegi (2-meter persegi) modul yang secara individual dapat digerakkan oleh sistem hidrolik. 

Aula simfoni memiliki "variabel" sistem akustik. Bahan permukaan kayu solid ditekan ditutup dengan fiberglass.. Majelis ini memiliki "jendela" yang terbuka dan menutup, memperlihatkan baik bahan fiberglass atau kayu, tergantung pada persyaratan akustik acara. Bagian belakang dinding ruang musik kamar yang ditutupi dengan bilah kayu horisontal, dengan fiberglass di belakang mereka. 

Dua ruang kinerja dilengkapi dengan AC outlet di bawah kursi. Udara sejuk muncul dari ruang bawah, menghilangkan kebutuhan HVAC instalasi yang akan mengganggu garis-garis yang bersih lorong. Kedua ruangan dipisahkan oleh bersama, buka lobi yang menciptakan pemisahan akustik sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara bersamaan di keduanya. 

Setelah bangunan pembukaan resmi pada bulan September 2003, acara yang sudah dijadwalkan beragam seperti opera Handel Julius Caesar dan Asosiasi Air International Conference.. Pada waktunya, bangunan itu sendiri dapat menjadi sebuah peristiwa, arsitektur membawa pelancong ke Tenerife.

Eksterior Bangunan

Eksterior Bangunan dari Samping
Konsep Bangunan

Gambaran Konsep
Semua bangunan terdiri dari beton yang dicirikan oleh sapuan dramatis atapnya. Naik dari dasar seperti gelombang menerjang, atap menjulang hingga ketinggian 58 meter di atas auditorium utama sebelum melengkung ke bawah dan menyempit ke titik. Alas bangunan bentuk plaza umum meliputi situs dan memungkinkan perubahan di kelas antara tingkat yang berbeda jalan yang berdekatan. Yang khas, pada bangunan ini adalah sayap menggantung, dikenal penduduk lokal sebagai "gelombang," kurva di atas beton putih Auditorio de Tenerife. 

- Pengantar Arsitektur -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;