Selasa, 06 Maret 2012

Turning Torso

~ Architecture ~

Turning Torso
Lokasi : Malmö Swedia 

Status bangunan : Telah terbangun 

Tanggal pembangunan : 14 Februari 2001 

Tanggal penyelesaian : 27 Agustus 2005 

Fungsi bangunan : Residental 

Lama Pembangunan : 2001 – 2005 


Kontraktor : NNC Construction

Designer Perancang : Arsitektur & Desain Samark AB, 

Awal Perancangan : Tahun 1999 

Lama proyek dibangun : 4 tahun 

Aliran bangunan : De-construction

Ideologi : Technologist yet Humanisme 

Biaya : Kurang lebih 1.6 miliar 

Ketinggian Atap : 190 m (623 kaki) 

Jumlah lantai : 54 

Lantai Basement : 2 

Area Lantai : 27.000 m2 

Lift Count : 5 

Unit/Kamar : 147 Kamar 

Sejarah singkat pembangunan Turning Torso

Rancangan Turning Torso ini didasarkan pada sebuah pahatan patung oleh Santiago Calatrva yang disebut Twisting Torso Torso dengan marmer putih berdasarkan pada bentuk manusia apabila berputar. Pada tahun 1999 Johnny Örbäck, mantan CEO kontraktor Turning Torso dan Board Chairman HSB cabang Malmö melihat pahatan tersebut dan mengontrak Calatrava

untuk merancang sebuah bangunan yang menggunakan konsep yang sama. Konstruksi pembangunan Turning Torso dimulai pada musim panas tahun 2001.

Bangunan Turning Torso

Setelah cukup lama di benua Eropa tidak muncul karya arsitektur yg monumental, tidak lama berselang pada tengah tahun 2005 cakrawala Eropa kembali bergairah menyambut kehadiran gedung "Turning Torso" karya arsitek berkebangsaan Spanyol: Santiago Calatrava. "Turning Torso" adalah gedung apartemen dengan 54 lantai dan tinggi total 179 m tidak saja akan menjadi land-mark kota Oslo di Swedia, namun pantas menjadi land-mark arsitektur yang akan memperkaya perbendaharaan bangunan tinggi kebanggaan Eropa, seperti yang melekat pada Menara Pisa di Italia atau Menara Eiffel di Paris. 

Turning Torso di Malam Hari
Bangunan yang tampil luar biasa ekspresif dgn bentuknya yg menjulang tinggi menuju puncak dengan "melintir meliuk" hingga dijuluki "Turning Torso" -bagai tubuh orang yg tengah meliukkan badan atasnya dengan gaya berputar- Aslinya "Turning Torso" memang adalah suatu karya seni patung ciptaan Santiago Calatrava valls. HSB Turning Torso merupakan sebuah pencakar langit di Malmo, Swedia, terletak di selat Öresund. Menara ini dirancang oleh arsitek Spanyol, Santiago Calatrava dan secara resmi dibuka pada 27 Agustus 2005. 

Menara ini mencapai ketinggian 190 meter (623 kaki) dengan 54 tingkat. Setelah selesai, turning torso adalah bangunan tertinggi di Skandinavia dan bangunan pemukiman (apartemen) tertinggi kedua di Eropa, setelah Triumph-Palace setinggi 264 meter ( 870 kaki). Sebelum pembangunan Turning Torso, 86-meter (280 kaki)-tinggi Kronprinsen menjadi bangunan tertinggi kota Malmo. 

Lighting Turning Torso
Bangunan Turning Torso ini memenangkan Penghargaan Pencakar Langit Emporis dengan margin terbesar sepanjang sejarah, melampaui Q1 Tower di Gold Coast City, Australia dan Montevideo Tower di Rotterdam, Belanda. Apartemen sekaligus Menara ini menggunakan kotak bertingkat lima yang berputar. Bangunan sesungguhnya terdiri atas susunan 9 segmen typikal bentuk kubikal -masing-masing modul seluas 400 meter persegi berupa 5 lapis lantai- yg disusun saling bertumpukan satu diatas lainnya dengan perletakan yg digeser hingga berputar sebesar sudut 90 derajat. Setiap lantai secara dasar berisi sebuah ujung persegi yang mengitari pusat gedung, bersama dengan ujung segitiga, yang didukung oleh kerangka baja eksterior. Dua kotak bawah digunakan sebagai perkantoran. Kotak ke-3 hingga ke-9 merumahkan 149 apartemen mewah. 

Struktur bangunan ini memenangkan penghargaan MIPIM di Cannes, Perancis untuk Bangunan Apartemen Internasional Terbaik, melampaui 1 West India Quay di London, UK dan Espirito Santo Plaza di Miami, AS dan Konstruksi Turning Torso pernah ditayangkan dalam sebuah episode Extreme Engineering di Discovery Channel. 

Ketinggian gedung memang terpaut jauh jika dibanding dengan rekor tertinggi menara pencakar langit seperti Petronas Tower di Kuala lumpur (452 m selesai dibangun tahun 2000) ataupun Gedung Freedom Tower NYC (541 m - akan selesai tahun 2009) namun

demikian rancangan arsitektur yg tidak lazim namun artistik menjadi cirian yg mengundang kekaguman publik tersendiri.

Permasalahan Desain

Berbeda dengan Menara Pisa yang benar-benar miring adanya, maka penampilan "Turning Torso" yang menjulang tinggi dengan meliuk miring merupakan suatu perwujudan arsitektur yang syarat dengan penguasaan struktur dan teknologi yg canggih dilandasi pemahaman atas filosofi karakter alami setiap bentuk yg menjadi model acuan. Oleh karena keseluruhan tampak bangunan berkesan miring yang seperti akan runtuh berhubung ilusi in-stabilitasnya, hingga jadilah gedung tinggi yg seolah menentang hukum gravitasi. 

Struktur Meliuk-liuk
Kritisi arsitektur mungkin saja salah satunya berpendapat bahwa bangunan "Turning Torso" terinspirasi aliran " de-construction ", namun kebanyakan kritisi berpendapat bahwa mahakarya Calatrava lebih menganut ideologi " technologist yet humanism " yang berhasil meniadakan sekat-sekat yang lazimnya memisahkan antara: seni, arsitektur, dan engineering. Keberhasilan yg hanya bisa dicapai dengan terlebih dahulu mendalami karakter alamiah setiap karya cipta berupa " man-made structures " yg diciptakan sang arsitek. Dengan demikian karya Calatrava lebih pas jika dipandang sealiran dengan arsitektur tahun 1960-an karya Alvar Aalto dari Finlandia, berhubung sama-sama merefleksikan karya arsitektur yang memadukan antara budaya dan alam serta perilaku manusia dengan sisi modernitas bangunan berteknologi canggih dan mutakhir. 

Konsep Bangunan

Tornado
Desain terinspirasi oleh bentuk dari sebuah pahatan patung oleh Santiago Calatrava yang disebut Twisting Torso. Twisting Torso yang menjadi ide untuk membangun Turning Torso bertujuan untuk menciptakan kembali pencakar langit di Malmö sejak penghancuran Kockums Crane pada 2002, yang terletak 1 km dari Turning Torso. Politisi lokal mempertimbangkan menara tersebut penting untuk masyarakat agar Malmö Kockumskranen memiliki simbol tersendiri. Kockumskranen, yang mana merupakan sebuah derek besar yang digunakan untuk pembuatan kapal dan melambangkan kota kerah biru akar yang menyimbolkan pekerja blue-collar di kota itu. 

Konstruktor dan Metode Konstruksi 

Untuk mempertahankan tingkat bangunan HSB mengandalkan Struktur Climbing Otomatis (ACS), yang menggunakan jack untuk mengangkat platform untuk bangunan tingkat berikutnya. Dirancang oleh Jerman formwork dan produsen perancah Peri, ACS ditangani tinggi hingga 4m, sehingga semua lantai dibangun tanpa perlu untuk penyesuaian. cor ACS berat 110t, dengan booming beton dipasang pada pendakian sendiri perancah yang menggunakan penetapan empat poin dalam inti. Hal ini memungkinkan pekerja untuk dinding beton cincin pada satu tingkat, sementara dinding inti internal retightening satu tingkat di bawah. Sebuah perangkat PUTZMEISTER di lantai dasar beton untuk pompa yang terus meningkat situs konstruksi di 1Ts. 

Lingkungan Hidup dan Keselamatan

Swedia mungkin paling jauh jangkauannya perundang-undangan lingkungan hidup di Eropa, bersama dengan sistem kesejahteraan yang komprehensif, sehingga tidak mengherankan bahwa layanan pusat prioritas tinggi. Memang, Harbour Barat sedang dipromosikan sebagai pemimpin global di perkotaan keberlanjutan. Untuk pemanasan, Torso menghubungkan ke kekuasaan Sydkraft utilitas sistem, yang menggunakan 100% energi terbarukan lokal. Ini diperoleh dari berbagai sumber, termasuk tenaga surya, angin, batuan dasar dan air. 

Lingkungan Sekitar Turning Torso  
Torso memainkan bagiannya dengan sampah organik dari tanah bangunan di dalam unit pembuangan limbah dapur, kemudian dipindahkan meskipun terpisah dekomposisi dan pipa untuk produksi biogas di Malmö's limbah insinerator dan panas tanaman.Selain itu, penduduk Torso akan diberikan pelatihan dalam sistem tersebut melalui sistem TV lokal. Seperti untuk keselamatan, semua sistem keamanan memiliki satu daya cadangan independen, termasuk lift, alat penyiram dan pencahayaan darurat. Ada juga sistem pasokan air ganda dengan satu daya sendiri. 

Teknologi Bangunan 

Pembangunan Turning Torso 
Menurut perkembangan, Turning Torso ini terletak di dekat air, yang berada di daerah Barat New Harbour di Malmo di Barat Daya Swedia. Bangunan ini dicapai dengan jalan kaki dari kedua Ribersborg pantai dan pusat kota, terutama universitas dan distrik bisnis. 

Seperti industry Malmö yang berkembang dari masa lalu, pemerintah daerah Harbour membayangkan bahwa Barat akan menyediakan rumah bagi karyawan dari sektor - sektor baru yang datang ke kota kecil dan menengah usaha, jasa, perusahaan dagang dan sektor IT yang berkembang. Proyek ini sebagai bagian penting dari pembangunan kembali Western malmo Harbor dekat Oresund Jembatan, yang menghubungkan Swedia dan denmark. 

Desain Tower

Putaran Turning Torso
Turning Torso telah dipilih oleh Pemerintah Kota Malmö sebagai tengara untuk pembangunan baru, meskipun juga memenuhi syarat untuk padat huni. Pemerintah daerah diatur sebuah pameran untuk memilih gedung bertingkat tinggi untuk tujuan ini dan mengundang koperasi perumahan setempat, HSB, untuk berpartisipasi. 

"Hanya arsitek terkenal seharusnya untuk berpartisipasi dalam pameran," jelas direktur proyek HSB Ingvar Nohlin, "dan itu sebabnya Santiago Calatrava didekati. Dia telah ikut serta dalam kompetisi Link Oresund tetapi tidak dipilih." Bahkan, ini 190m (623ft) menara didasarkan pada sebuah patung oleh arsitek berbasis di Zurich.Berbagi nama saudara yang jauh lebih besar, Turning Torso menggambarkan tubuh manusia mutar di sekitar tulang punggung dalam gerakan ke atas. Calatrava termasuk sebagai bagian dari penyerahan Oresund, di mana ia ditemukan oleh HSB mantan managing director, Johnny Orback, yang meyakinkan Calatrava untuk merancang sebuah bangunan didasarkan pada konsep ini. 

Office Space dan Perumahan 

Interior Turning Torso
Luas Turning Torso 26.000 m² termasuk tanah 4.200 m² ruang kantor di lantai 2-12, dua yang pertama batu. Daerah komersial memiliki sepasang lift, serta terpisah pemanas, pendingin dan sistem TI. Pembangunan dua lantai teratas telah disediakan untuk ruang rapat, yang dapat disewa oleh setiap organisasi melalui HSB (ini secara resmi siap untuk menyewa pada akhir Maret 2006). Blok parkir terpisah untuk penduduk dan penyewa bisnis dapat diakses melalui terowongan pribadi. 

Terdapat 147 ruang kantor sewa apartemen di lantai 14-52 mulai dari satu kamar tidur, 45m ² 190m ² unit untuk tempat tinggal. Sangat sedikit terdapat kesamaan dimensi ruang lantai karena perubahan besar karena ukuran dinding inti, sehingga lantai dasar telah digunakan 370m ² dan ruang, sedangkan lantai atas memiliki 430m ². 

Apartement Turning Torso
Tiga lift berkecepatan tinggi di inti dari pelayanan yang membangun apartemen tersebut. Mereka bergerak pada 5m per detik, sehingga hanya membutuhkan waktu 38 detik untuk mendapatkan dari lantai dasar ke lantai 54. Di samping itu, ada tangga dari lantai dasar ke lantai paling atas. 

Arsitek Santiago Calatrava dalam merancang Turning Torso masih memperhitungkan keadaan sekitar Turning Torso. Hal ini dapat dilihat dari keadaan sekitar bangunan yang masih memperhitungkan proporsi antara bangunan dengan alam sekitar sehingga terlihat keseimbangan yang cukup indah. Begitu juga dengan warna yang digunakan dalam bangunan Torning Torso yang sesuai dengan keadaan sekitar menambah nilai estetika keindahan mata yang melihat Turning Torso. 

Titik-Titik pada Bangunan
karena Jendela
Bangunan Turning Torso jika dilihat dari luar maka akan terlihat banyak titik-titik yang merupakan efect dari banyaknya jendela dari lantai yang paling bawah sampai lantai yang paling atas,begitu juga besi-besi panjang yang ada di sekeliling dinding luar Turning Torso terlihat seperti garis-garis.Dan jika malam lampu yang menyala di Turning Torso menambah keindahan kota.Semua itu menambah nilai estetika bangunan Turning Torso. 

Walaupun bentuk Turning Torso mililit tapi keadaan ruang di dalamnya masih simetri dan memiliki tatanan ruang yang juga mempertimbangkan proporsi yang baik dan indah,dengan memasang funituru,ornamen-ornamen dengan tekstur yang unik , menciptakan kenyamanan bagi pengunjung dan pilihan warna yang seimbang antara dinding dengan benda-benda di dalamnya sehingga tidak kelihatan monoton dan membosankan. Ruangan di dalam turning torso dominan dengan warna putih ( agak kekuningan) untuk memberikan kesan mewah. 

Turning Torso juga dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi. Bagian dalam dipoles fitur aula lantai batu kapur, menggunakan bahan-bahan dari wilayah Jamtland utara Swedia. Batu yang sama juga digunakan pada kusen jendela.Ubin kamar mandi yang dilengkapi dengan permukaan granit dan Underfloor Heating. Unit dapur telah dirancang secara khusus dari cahaya atau putih mengilap laminasi untuk menemani peralatan dari Bosch Gaggenau dan mesin cuci. Pintu Apartemen dan lemari terbuat dari kayu putih. Penghuni kompleks 13.500 m² juga menikmati manfaat dari penerimaan berawak, akses penuh ke gudang anggur, kamar dengan panorama di lantai 49, dengan baik-kamar yang ditunjuk dan gym dengan dua sauna di lantai ke-43, dan fungsi suite di lantai 7.

- Pengantar Arsitektur -

1 komentar:

Nur sidik mengatakan...

Ka ada Sumber nya .. ?

Posting Komentar

 
;