Kamis, 08 Maret 2012

Liège-Guillemins TGV Railways Station

~ Architecture ~

Stasiun Kereta Api Liège-Guillemins TGV

Konstruksi Area : 49.000 m2 (termasuk jalan) 

Panjang Keseluruhan : 488 m

Total luas Atap Kaca : 33.000 m2

Selesai dibangun : 2009

Klien : SNCB Holding, Infrabel and Euro Liège TGV


dan berikut ini adalah pernyataan Santiaogo Calatrava dalam mendesain stasiun liege, diambil dari pernyataan arsitek Santiago Calatrava

"Tujuan saya adalah untuk menciptakan sebuah bangunan yang mencerminkan potensi stasiun baru sebagai penghubung antar kota berkecepatan tinggi di antara kota-kota di Eropa. Aku membayangkan sebuah gedung tanpa fasad dengan atap yang menjulang di atas menawarkan perlindungan dari unsur - unsur (terutama hujan yang akan datang pada saat Belgia mengalami Musim Dingin). Ini dapat menjaga pandangan melalui dan dari stasiun. Bentuk kubah yang dikembangkan secara alami ini terkesan lembut (mungkin feminin) kurva atap yang bergelombang dipilih untuk meniru naik dan turun dari bukit - bukit di luar Cointe yang anggun. Aku merasa bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk merayakan pencapaian teknologi TGV kereta daripada mengekspos platform kerja dan dinamika yang bergerak ansambel dari penumpang dan kereta api". 

Stasiun dari Kejauhan
"Itu adalah tujuan saya untuk menciptakan sebuah fasilitas transportasi abad ke - 21. Tidak hanya menyatukan Liège dengan seluruh Eropa, tetapi juga berfungsi sebagai simbol kota pembaruan", kata Calatrava. "Proyek ini, secara keseluruhan, menciptakan sebuah gerbang baru ke Liège dan membangun kembali hubungan dengan kota".

Pont des Guillemins, oleh Santiago Calatrava, menghubungkan jalan tol yang melintasi Liège ke 800 fasilitas ruang parkir di Stasiun TGV Guillemins Liège.

Seperti jembatan Campo de Volantín di Bilbao, desain Pont des Guillemins terdiri dari tabung torsi bujursangkar, di mana elemen jembatan dilas, memancarkan untuk membentuk busur lingkaran yang digambarkan oleh rencana dek. Lengkungan terbuat dari tabung baja dilas pada setiap akhir torsi tabung geladak. Kombinasi kurva dari dek, dan garis-garis lurus tabung dan proyeksi vertikal dari lengkungan, menekankan efek gerakan yang ditangguhkan. 

Sejarah Singkat

Tahun 1838, rute kereta api sebuah garis yang menghubungkan Brussels dan Ans, di pinggiran utara Liège, dibuka. Stasiun kereta api pertama dari Liège-Guillemins diresmikan Mei 1842.Pada tahun 1843, kereta api internasional pertama sambungan lahir, menghubungkan Liège untuk ke Aachen dan Koln 

Stasiun ini dimodernisasi dan ditingkatkan pada tahun 1882 dan pada tahun 1905 untuk World Fair di Liège. Stasiun ini pada tahun 1958 digantikan oleh modern (untuk waktu itu) salah satu yang digunakan hingga Juni 2007, beberapa bulan sebelum pembukaan yang dirancang Oleh Calatrava.

Stasiun dulu dan sekarang
Stasiun baru oleh arsitek Santiago Calatrava sekarang telah dibuka. Memiliki 9 trek dan 5 platform (tiga 450m dan dua 350m). Semua trek di sekitar stasiun telah dimodernisasi untuk memungkinkan kecepatan tinggi kedatangan dan keberangkatan.

Stasiun baru terbuat dari baja, kaca dan beton putih. Ini termasuk kubah yang monumental 200 meter panjang dan 35 meter tinggi. Biaya gedung € 312 juta. Stasiun ini resmi dibuka pada tanggal 18 September dengan sebuah pertunjukan oleh Franco Dragone. 

Kereta Api Berkecepatan Tinggi 

Selain untuk lalu lintas nasional, stasiun Liège-Guillemins menyambut kereta Thalys dan kereta ICE, menghubungkan Liège ke Brussels, Paris, Aachen, Cologne dan Frankfurt. Dua berdedikasi baru trek kecepatan tinggi telah dibangun: HSL 2 (Brussels-Liège) dan HSL 3 (Liège-perbatasan Jerman). 

Ada juga rencana untuk Eurostar dan ICE untuk menghubungkan langsung Liège ke London 

Liège-Guillemins juga merupakan transportasi penghubung bis TEC: lebih dari 1.620 bus mengangkut 15.000 orang setiap hari. Ini adalah salah satu stasiun kereta api yang langka di Eropa yang langsung terhubung ke jaringan jalan raya. 

Stasiun kereta api Liège-Guillemins adalah stasiun utama di kota Liège, sebelah timur Belgia. Ini merupakan salah satu penghubung yang paling penting di negara ini dan merupakan jaringan kereta api berkecepatan tinggi. Dengan kurang dari 200.000 penduduk di Liège, stasiun ini dirancang untuk memberikan fasilitas baru bagi kota industri, bertindak sebagai bagian pertama dari visi arsitektur yang direncanakan untuk pusat perusahaan di Belgia dan peluncuran symbol pembaruan Liège. Stasiun ini digunakan oleh 36.000 orang setiap hari. Stasiun Guillemins Liège merupakan simpul utama di Eropa jaringan rel kecepatan tinggi; yang sangat diperlukan antara London, Paris, Brussels dan Jerman.

- Pengantar Arsitektur -

2 komentar:

Anonim mengatakan...

This is my Good luck that I found your post which is according to my search and topic, I think you are a great blogger, thanks for helping me out from my problem..
2009 Jeep Wrangler AC Compressor

Unknown mengatakan...

U're welcome sheena,
i hope the article on my blog useful to you :)

Posting Komentar

 
;