Senin, 19 Maret 2012

Stadelhofen Railway Station

~ Architecture ~

Stasiun Kereta Api Stadelhofen
Lokasi : Zurich

Dibangun : 1983 - 1984

Jenis Bangunan : Terminal Transportasi

Style : Modern


Ekterior Stasiun
Zurich Stadelhofen adalah bagian dari kota Zurich dan juga merupakan stasiun kereta api penting. Bangunan ini terletak dengan Zurich Opera House dan dekat dengan Bellevue Square di Zurich. Secara letak geografis, Stadelhofen terletak dibagian tenggara Zurich dan dekat dengan danau Zurich. Bangunan ini berjenis bangunan transportasi. Transportasi adalah pergerakan barang dan orang dari satu lokasi ke lokasi lain. Transportasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti udara, rel, jalan, air, kabel, pipa dan ruang. Lapangan dapat dibagi menjadi infrastruktur, kendaraan, dan operasi. Stasiun Stadelhofen ini bukanlah stasiun utama di kota Zurich. Stasiun utama di Zurich adalah stasiun Hauptbahnhof. Kereta koneksi ke stasiun Stadelhofen ini sangat sering, dan perjalanan hanya membutuhkan waktu 2 menit. Stasiun kereta Stadelhofen yang dibangun pada awal 1980-an, adalah persimpangan transportasi utama untuk daerah Zurich.Rancangan aslinya terdiri dari 300 meter bangunan terminal lama. Kalau dilihat lebih detil lagi, sepanjang rel kereta api yang melengkung melewati sepanjang lereng bukit di pusat kota.

Kereta api di Stasiun
Berdirinya stasiun kereta api Stadelhofen ini merupakan jawaban dari tantangan yang telah diberikan kepada Santiago Calatrava. Awalnya Santiago Calatrava hanya diperintahkan untuk menambah satu trek lagi yaitu trek ketiga. Namun, disitulah letak tantangannya. Karena dalam pengerjaannya dibutuhkan keahlian dan kematangan ide. Untuk membangun stasiun Stadelhofen ini , telah digali lereng bukit untuk jalur rel dan kemudian dibangun kembali lereng bukit dengan struktur bertingkat yang digunakan untuk mengembalikan trotoar dan membiarkannya terbuka secara alami . Stasiun Stadelhofen ini merupakan tempat yang digunakan untuk mengoperasikan layanan kereta api daerah saja.Yang mengesankan adalah sisi-sisi dari rel yang ada di stasiun itu terbuat dari baja yang mendukung balkon-balkon yang dibuat setiap sembilan meter yang dirancang untuk menjaga posisi atau kenyamanan berjalan di sepanjang rel . Balkon - balkon tersebut juga dapat digunakan untuk menahan laju kereta yang tidak patuh dan keluar dari lintasan . Yang disayangkan adalah Balkon – balkon tersebut tidak mendapat perawatan selama 10 tahun setelah stasiun ini berdiri, yang menyebabkan berkurangnya daya tahan baja yang telah terakumulasi. Hal itu tentu sangat berbahaya, mengingat baja merupakan faktor penyangga dari stasiun ini.

Open Track Technology
Pemerintah setempat berharap dengan dibangunnya stasiun Stadelhofen ini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas dalam beberapa tahun mendatang . Pemerintah setempat berharap agar para penduduknya beralih menggunakan kereta api dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari , sehingga kepadatan lalu lintas dapat teratasi dengan baik. Oleh karena itu, saat ini telah ditambahkan jalur atau rel ketiga.

- Pengantar Arsitektur -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;