Jumat, 09 Maret 2012

Athens Olympic Sports Complex

~ Architecture ~

Athens Olympic Sports Complex
Sebuah Sayembara perencanaan arsitektur Stadion Olympiade Athena dimenangkan oleh arsitek dari Spanyol yaitu Santiago Calatrava. Perencanaan Calatrava meliputi konstruksi atap dari stadion utama; struktur yang sama seperti pada stadion utama tetapi dengan skala yang lebih kecil untuk velodrom balap sepeda; desain lansekap umum, seperti arkade baja bernama Agora; struktur baja kinetik yang bernama “ Wall of Nations “; kanopi pintu masuk; entrance plaza; Ikon Olympiade; serta sebuah struktur setinggi 100 m dalam bentuk jarum sulam yang dimaksudkan sebagai “ Landmark “.

Stadion Olympiade Athena semakin melengkapi pusat kegiatan atletik dan even-even kebudayaan dengan pengaturan taman ekologi yang sustainable, dilayani oleh peningkatan sistem transportasi.

Site Plan
Stadion ini dilapisi oleh atap kaca berlapis (laminated glass) yang mampu memantulkan hingga 90% sinar matahari, di mana bentukan atap teradopsi dari sepasang arah bentukan daun. 

Struktur atap velodrom terdiri dari dua lengkungan, di mana masing-masing ketinggian lengkungan adalah 45 meter, dengan berat 4000 ton dengan struktur atap kaca dan baja yang menggantung. Empat entrance pada plaza memberi akses tertib menuju bangunan yang lebih kompleks. Tiap gerbang masukan dinaungi oleh kanopi baja yang melengkung, yang mana memberi pertanda yang jelas akan elemen kompleks ini. Pada penyinaran malam hari, kanopi tersebut bermaksud sebagai pemberi arah orientasi dan sebagai penarik perhatian sekitarnya (point of interest).

Dua plaza terletak berhadapan dengan pusat sirkulasi utama di antara Stadion Olimpiade Athena dengan Velodrom. Selain itu, di sisi utara bangunan utama ini mengantarkan pada Stasiun Kereta Api Listrik Irinis dan jembatan pedestrian Neratziotissa.

The Nations Wall” terbuat dari dinding sculpture baja yang berbentuk menyerupai pipa, didesain untuk berpindah pada gerak gelombang, menciptakan efek yang menyenangkan bagi cahaya dan bayangan pada sirkulasi utama dan plaza. The nations wall ini juga menyajikan layar video berukuran raksasa.

Sketsa Desain
Sebagai tambahan, terdapat area baru yang memberi kenyamanan pada atlet, perbaikan jembatan bagi pedestrian, hubungan sampai transportasi umum, lapangan parkir dan stasiun bus, serta bentuk instalasi dan prasarana untuk semua elemen.

Semua struktur sudah didesain agar mereka bisa prefabricated pada ukuran besar, mengurangi kebutuhan pekerja dan perlengkapan di tempat, serta meminimalisir kesalahan yang terjadi ketika pembuatan dilakukan di tempat.

Ikon Olimpiade merupakan seni pahat baja yang dapat dipindah-pindahkan. Menopang pada tonggak menara baja, ikon bisa diputar secara horisontal melewati titik sokongan di puncak tonggak menara. Ikon akan berfungsi sebagai jam matahari, membentuk bayangannya atas garis waktu.

Sistem konstruksi atap Stadion Olimpiade Athena berupa busur ganda sebagai pemikul struktur atapnya. Busur ganda yang dipakai pada stadion ini tidak berbentuk rangka ruang tetapi bahan yang dipakai yaitu pipa baja. Setiap busur pada stadion Olimpiade Athena sebenarnya terdiri dari dua busur berbentuk parabola dimana busur yang lebih besar terletak diatas busur yang lebih kecil.

Satu set busur ganda yang memikul beban seluas 42000 m² (pada tahap perencanaan ukuran ini kemudian diperkecil menjadi 24000 m² untuk mengurangi tegangan yang terjadi pada busur) dan dengan bentangan sejauh 304 m. Disain yang ditawarkan untuk atap stadion olympiade ini mengingatkan pada karya Calatrava terdahulu di kota Bilbao. Jembatan penyeberangan Zubi Zuri terletak beberapa ratus meter kearah hulu dari musium Guggenheim yang terkenal itu.

Konsep Desain
Beban-beban yang dipikul oleh satu set busur ganda antara lain beban vertikal, atap polykarbonat yang dipikul oleh balok transversal, dan sebuah balok torsi silindris yang memikul balok-balok transversal tersebut. Dua buah jembatan yang ukurannya oversize, seperti yang ada di Bilbao, yang saling berhadapan satu dengan lainnya, dimana kedua jembatan ini melengkapi desain arsitektur untuk atap stadion olympiade Athena.

Calatrava menyukai disain dengan bentang besar dan bentuk busur. Bentuk busur cocok untuk bentang besar karena ke-efisien-an strukturnya. Busur baja ditempatkan kearah memanjang dari stadion, tidak kearah melintang dari stadion sebagaimana yang lazim dilakukan dalam sebuah perencanaan struktur. Dengan menempatkan busur ini kearah memanjang stadion, yang panjangnya lebih dari 300 m, busur ini menyerupai bentuk lintasan seorang atlit loncat jauh dan juga secara jelas memberikan nuansa luas dalam bentuk pelangi. Busur bajanya berukuran besar untuk memenuhi syarat kekuatan tetapi cukup langsing bila dibandingkan dengan bentangannya dan tingginya, kelangsingan ini menghasilkan deformasi yang cukup besar akibat beban-beban rencana.

Olympic Sports
Calatrava tidak mau menggunakan busur rangka karena akan tampak seperti struktur instalasi industri. Dia memilih busur pipa untuk memberikan bentuk yang lapang dan tampak yang estetik meskipun strukturnya menjadi lebih berat. Keputusan terakhir menyangkut pilihan bentuk penampang dari busur. Calatrava memilih bentuk lingkaran dan bukannya bentuk orthogonal dengan momen inersia yang sama untuk kedua sumbunya.

Desain akhir menghasilkan sebuah struktur dengan ketinggian 72 m dan bentang bersih 304 m. Beratnya mencapai 19000 ton, termasuk peralatan listrik dan mesin. Busur atas memiliki diameter 3.20 m, dan busur bawah memiliki diameter 3.60 m. Pipa torsi memikul seluruh kebutuhan infrastruktur dan juga akses untuk orang yang melaksanakan pekerjaan pemeliharaan. Empat tiang memikul seluruh berat struktur, keempat tiang ini berukuran 20 m x 16 m, setiap tiang berdiri diatas 32 s/d 48 buah bored pile berdiameter 1.5 m dan berkedalaman 31 m. Untuk menutup luas atap sebesar 24000 m², digunakan 5000 lembar plat polykarbonat dengan ketebalan 16 mm. Panel polykarbonat ini menyerap 45 % radiasi panas dan sinar matahari yang masuk. Panel polykarbonat ini dipikul oleh balok baja dengan panjang maksimum 25 m, dan 10000 m kawat baja yang memikul seluruh sistem ini.

- Pengantar Arsitektur -

3 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa minta info tentang stadium basketball nya? karna infonya cukup sedikit.

Unknown mengatakan...

wah, kalo detail seperti itu kebetulan saya juga ga ada infonya, disini saya cuma mencoba mengupas konsep bangunan yang diusung oleh calatrava, maaf :), memang stadiumnya mengusung stadar yang berbeda ?

Unknown mengatakan...

Referensi yang baik dari sebuah hasi karya yang sempurna (y)

Posting Komentar

 
;